11111111111

back up dengan "Send To"

Jika pada postingan yang lalu, kita membackup data/file dengan VB Script, pada TIPS DAN TRIK KOMPUTER kali ini, kita akan membuat backup data/file dengan fasilitas“SEND TO”. Dengan mengklik kanan folder/file yang kita kehendaki kemudian mengarahkan pada menu “SEND TO” dan mengklik folder tempat backup tersebut, maka secara otomatis data/file tersebut telah terbackup.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.Buat folder baru dan namai sesuka Anda. Folder ini nantinya untuk menampung back up data/file penting milik Anda. Sebagai contoh, penulis membuat folder baru di drive D: dengan nama “back up dataku” (D:\back up dataku)

2.Kemudian klik drive D: dan arahkan mouse Anda di folder "back up dataku" kemudian klik kanan dan pilih Create Shortcut. (lihat gambar di bawah ini)


3.Maka terbentuklah shortcut “Shortcut to back up dataku”, seperti di bawah ini.


4. Buatlah kustomasi shortcut tersebut. Kita dapat mengganti nama shortcut tersebut (klik kanan pada shortcut terus pilih rename), misalnya dengan “back up dataku”. (hasilnya seperti di bawah ini).

Atau Anda dapat mengganti iconnya (klik kanan pada shortcut pilih properties pilih change icon pada tab Shortcut). (hasilnya seperti di bawah ini)

5.Kemudian pindahkan shortcut tersebut ke direktori SEND TO, yaitu di C:\Documents and Settings\nama_user\SEND TO. Nama_user disesuaikan dengan user yang sedang aktif (digunakan). Sebagai contoh, C:\Documents and Settings\Arum\Send To), seperti gambar di bawah ini.



Karena “send to” sifatnya tersembunyi maka pastikan Show Hidden Files and Folder pada Folder Option tab view dalam keadaan aktif (centang).


6.Sekarang, coba klik kanan sembarang file/folder di drive manapun (C,D,E, etc…) maka ketika mouse diarahkan pada menu send to, di situ telah aktif folder "back up dataku".

Pada contoh di bawah ini, saya mencoba untuk memback up folder musik dengan mengklik kanan folder musik kemudian pilih send to dan memilih “back up dataku”, maka folder musik tersebut secara otomatis terback up.

Dengan demikian, setiap kali hendak membuat back up atas folder/file yang dikehendaki maka tinggal klik kanan folder/file tersebut kemudian pilih send to kemudian pilih "back up dataku". Dengan begitu folder/file tersebut sudah terback up secara otomatis.

Yang tertarik silakan di sini, ya!!!

0 comments