11111111111

BACKUP DATA DENGAN FILE BAT (BAG. TIGA)

Ini merupakan lanjutan dari bagian pertama, dan bagian kedua tips BACKUP DATA dengan File Bat. Pada bagian ketiga TIPS DAN TRIK BACKUP ini, masih tetap menggunakan bantuan file PKZIP.exe. Perbedaan antara bagian pertama dan kedua adalah, pada bagian pertama, kita harus menentukan (mensetup) folder sumber sedangkan pada bagian kedua, kita tidak perlu mensetup folder sumber (folder yang akan dibackup).

Pada bagian ketiga TIPS BACK DATA ini, sifatnya hanya melengkapi bagian pertama dan bagian kedua. Kita akan membuat back up data yang berbeda untuk tiap-tiap hari dalam seminggu dengan diberi nama masing-masing hari dalam seminggu tersebut. Untuk back up data Hari Minggu, kita beri nama MINGGU, back up data Hari Senin, kita beri nama SENIN, dan seterusnya. Karena bentuk filenya zip, maka nama-namanya akan menjadi, MINGGU.ZIP, SENIN.ZIP, SELASA.ZIP, RABU.ZIP, KAMIS.ZIP, JUMAT.ZIP, dan SABTU.ZIP.

Dengan demikian jika terjadi masalah, kita dapat merestore dengan data di mana hari tersebut masih bagus (tidak rusak). Sebagai contoh, katakanlah pada hari ini (Hari Sabtu, misalnya), terjadi masalah dengan data kita, dan menurut kita, data yang masih bagus (sehat) adalah ketika pada Hari Jumat, maka kita dapat mengambil JUMAT.ZIP untuk direstore kembali. Begitu juga jika data yang masih sehat (bagus) adalah hari Rabu, maka kita tinggal mengambil RABU.ZIP untuk direstore.

Yang dibutuhkan dalam tips back up data kali ini sama seperti bagian pertama dan bagian kedua yaitu file PKZIP.exe, ditambah file HARI.COM dan juga script sederhana dalam bentuk file *.bat. Jika masih belum mempunyai file PKZIP.exe, dapat mendownloadnya di sini dan di sini untuk download HARI.COM

Buka notepad, klik Start > Run kemudian ketik notepad kemudian ENTER atau OK sehingga muncul jendela notepad.

Ketik script berikut ini pada notepad tersebut. Di sini, kita memodifikasi tips back up data bagian kedua.

@echo off

echo TIPS DAN TRIK BACK UP DATA

echo DENGAN HASIL

echo BERUPA ZIP FILE

pause

SET DRVBCK=d:

SET DRVMAST=.

MD %DRVBCK%\BACKUP

GOTO MULAI

:MULAI

HARI.COM

IF ERRORLEVEL 6 GOTO SABTU

IF ERRORLEVEL 5 GOTO JUMAT

IF ERRORLEVEL 4 GOTO KAMIS

IF ERRORLEVEL 3 GOTO RABU

IF ERRORLEVEL 2 GOTO SELASA

IF ERRORLEVEL 1 GOTO SENIN

IF ERRORLEVEL 0 GOTO MINGGU

GOTO HABIS

:MINGGU

PKZIP -rp %DRVBCK%\BACKUP\MINGGU.ZIP %DRVMAST%\*.*

GOTO HABIS

:SENIN

PKZIP -rp %DRVBCK%\BACKUP\SENIN.ZIP %DRVMAST%\*.*

GOTO HABIS

:SELASA

PKZIP -rp %DRVBCK%\BACKUP\SELASA.ZIP %DRVMAST%\*.*

GOTO HABIS

:RABU

PKZIP -rp %DRVBCK%\BACKUP\RABU.ZIP %DRVMAST%\*.*

GOTO HABIS

:KAMIS

PKZIP -rp %DRVBCK%\BACKUP\KAMIS.ZIP %DRVMAST%\*.*

GOTO HABIS

:JUMAT

PKZIP -rp %DRVBCK%\BACKUP\JUMAT.ZIP %DRVMAST%\*.*

GOTO HABIS

:SABTU

PKZIP -rp %DRVBCK%\BACKUP\SABTU.ZIP %DRVMAST%\*.*

GOTO HABIS

:HABIS

Keterangan

Perintah echo menampilkan teks yang ingin kita tampilkan. Anda dapat mengganti dengan teks yang lain sesuka Anda.

Perintah pause memberikan kesempatan proses untuk berhenti sementara sampai kita menekan sembarang tombol.

“Set drvbck=d:” (tanpa tanda kutip) men-setup drive tempat menampung backup data. Anda dapat mengganti dengan drive yang lain.

“set drvmast=.” (tanpa tanda kutip) artinya folder tempat “file bat” ditempatkan maka folder tersebut merupakan folder sumber (folder/data yang akan dibackup). Atau jika ingin script dengan mensetup folder sumber maka parameternya harus diganti seperti pada bagian pertama tips back up data. Lihat di sini.

“md %drvbck%\backup” (tanpa tanda kutip) membuat directory baru dengan nama “backup”. Anda dapat memberi nama directory yang lain sesuai keinginan Anda.

:MINGGU

PKZIP -rp %DRVBCK%\BACKUP\MINGGU.ZIP %DRVMAST%\*.*

GOTO HABIS

Adalah perintah untuk membuat back up data di directory D:/BACKUP dengan nama MINGGU.ZIP atas semua jenis file dari folder sumber. (back up pada Hari Minggu), dan seterusnya untuk hari-hari lainnya.

Setelah selesai menulis scriptnya, kemudian simpan ke dalam file dengan ekstension *.bat. Contoh, penulis menyimpannya dengan nama “backtiga.bat”. Klik File > Save As hingga muncul jendela seperti berikut ini.

Pada baris file name isi dengan BACKTIGA.BAT. Kemudian pilih folder tempat data/file yang akan dibackup. Kemudian tekan Save maka dalam sekejab Anda telah selesai membuat script file bat dengan nama BACKTIGA.BAT.

Kemudian tutup jendela notepad dan coba Anda jalankan file tersebut maka akan tampil jendela seperti berikut ini. Untuk mempermudah memanggilnya (eksekusi), dapat dibuatkan shortcutnya di desktop.

Kemudian lanjutkan dengan menekan enter atau sembarang tombol agar program menjalankan perintah backup, seperti di bawah ini.

Setelah proses di atas selesai, coba Anda perhatikan di drive D muncul folder backup dan berisi file ZIP, dengan nama sesuai dengan hari Anda melakukan back up data.

(Sumber : Bp. Noor Hidayanto, TI Kanwil PERUM Pegadaian Surakarta)

Catatan :

  • Jumlah character dari nama folder (baik folder target maupun folder sumber) tidak boleh lebih dari 8 caracter.
  • Tempatkan file backtiga.bat di folder yang akan dibackup, bersama dengan file PKZIP.exe dan HARI.COM.
Selamat Mencoba

0 comments