11111111111

Mobile Quran for Java Enabled Phone

Bagi yang mempunyai handphone yang mendukung penggunaan aplikasi Java, program jenis apa yang paling banyak diinstall dan digunakan? Game, instant messenger, atau aplikasi office? Saya turut bersyukur juga sekiranya selain aplikasi-aplikasi jenis tersebut, buat yang muslim menginstall pula aplikasi islami seperti program untuk membaca ayat-ayat Al-Quran. Tentu bukan sekedar menginstallnya, tetapi juga menggunakannya, apalagi pada bulan Ramadhan seperti sekarang ini, amal ibadah yang kita lakukan, konon akan dilipat gandakan pahalanya. Melalui tulisan ini saya hanya mau berbagi aplikasi Al-Quran yang ada di handphone saya yang semoga telah Anda gunakan.

Sesuai spesifikasi dua handphone saya Nokia 6275i dan LG KU250, aplikasi-aplikasi berikut merupakan aplikasi java (MIDP) yang telah saya coba dan berjalan pada kedua handphone tersebut. Masing-masing aplikasi berikut bersifat freeware yang dapat digunakan tanpa perlu membeli lisensinya.
Quran 1.0
quran Pada informasi About di aplikasi ini hanya ada informasi alamat email pembuatnya saja, tanpa URL. Sepertinya saya mendapatkannya melakukan pencarian pada website GetJar.com dulu.
Aplikasi Quran ini menurut saya yang paling baik dalam hal penulisan teks arabnya sehingga mudah dibaca melalui layar kecil handphone. Navigasi untuk berpindah ke halaman berikutnya dapat dilakukan menggunakan tombol navigasi kiri atau tombol angka 1, dan sebaliknya untuk menuju halaman sebelumnya digunakan tombol navigasi kanan atau tombol angka 3. Namun, pada Nokia 6275i yang saya gunakan penggunaan dengan tombol navigasi kiri dan kanan untuk berpindah halaman tidak berjalan, dan gantinya dapat digunakan tombol angka 4 dan 6.
Fasilitas yang ada pada Quran 1.0 ini adalah menyimpan bookmark suatu halaman, dan hanya satu bookmark yang dimungkinkan. Dengan menyimpannya, ketika kemudian aplikasi dibuka kembali kita dapat langsung menuju halaman yang telah di-bookmark sebelumnya.
Download Quran 1.0 melalui Getjar.com
Quran Reader for Mobiles Basic
quranarabicmk Ini merupakan versi gratis dari aplikasi Al-Quran yang disediakan Guided Ways Technologies Ltd. Selain apliaksi Al-Quran yang hanya menyediakan teks Arab saja, disediakan pula yang disertai terjemahan dalam Bahasa Inggris. Ini berbeda dengan versi komersialnya yang menyediakan terjemahan dalam berbagai bahasa termasuk Indonesia.
Pada Quran Reader, setiap surat ditampilkan dalam satu halaman dan untuk membaca ke bawah atau atas dapat digunakan tombol atas dan bawah.
Sama seperti aplikasi Quran di atas, Quran Reader Basic pun sudah didukung fasilitas bookmarking dan kelebihannya adalah bookmarking diterapkan pada surat dan nomor ayatnya, jadi ketika membuka kembali dapat langsung menuju ayat dari surat tertentu.
Download Quran Reader Basic dari GuidedWays.com
Pocket Quran
pocketquran Dari berbagai aplikasi Al-Quran untuk perangkat mobile yang disediakan pada situs PocketQuran.com dan dibuat oleh Jalal Muhtadi, tersedia pula apliaksi Al-Quran untuk handphone yang berbasis Java yang memang hanya memuat teks Arabnya saja tanpa ada fasilitas terjemahan. Namun begitu, fasilitas bookmark yang disediakan dapat menampung tiga bookmark. Selain itu, disediakan pula fasilitas pencarian Al-Quran dengan ditunjang daftar huruf-huruf Arab untuk membantu mengetikkan kata yang ingin dicari.
Navigasi Pocket Quran ini dapat dikatakan mudah. Setiap surat ditampilkan ke bawah dan untuk menggulung ke bawah dapat digunakan tombol navigasi bawah atau kiri, dan sebaliknya jika ingin kembali ke atas.
Yang kurang menurut saya adalah tidak ditampilkannya nomor surat pada Indeks surat yang disediakan, akan sedikit menyulitkan jika kita ingin melihat satu surat berdasarkan pengetahuan atau ingatan nonor suratnya.
Download Pocket Quran for Java-enabled Phones
Diasoft Mobile Quran
diasoftmobilequran Seperti disinggung di atas, GuidedWays menyediakan pula aplikasi Al-Quran yang menyertakan terjemahan Bahasa Indonesia, namun begitu aplikasi tersebut hanya boleh digunakan jika kita telah membeli lisensinya. Jika tidak dan ingin mempunyai terjemahan Al-Quran dalam bentuk aplikasi untuk handphone, kita dapat menggunakan Diasoft Mobile Quran yang merupakan produk dari pengembang software Indonesia yaitu Diasoft. Aplikasi yang disediakan memang hanya untuk menampilkan terjemahan Al-Quran dalam Bahasa Indonesia tanpa adanya teks Arab.
Fasilitas yang disediakan selain daftar surat antara lain menu untuk masuk ke terjemahan bedasarkan nomor surat dan nomor ayatnya, mencari berdasarkat kata dalam terjemahan, dan fasilitas menambahkan daftar tema.
Download Diasoft Mobile Quran
Mungkin masih ada beberapa lagi aplikasi Al-Quran yang dapat digunakan untuk handphone berteknologi Java, namun baru sebatas itu yang telah saya coba. Mungkin Anda mempunyai rekomendasi aplikasi lain?

0 comments