11111111111

OtherInbox

Ketika melakukan pendaftaran layanan web, hampir semua penyedianya mensyaratkan kita memasukkan alamat email yang dimiliki dan sudah biasa pula bahwa setelahnya akan dilakukan verifikasi kebenaran alamat email tersebut. Jika memang hanya sebatas itu alamat email yang kita masukkan akan digunakan sepertinya tidak menjadi masalah. Namun, sudah banyak terdengar pula bahwa banyak penyedia layanan web yang menyalahgunakan alamat email kita dengan menjadikannya sebagai target tindakan spamming sehingga alamat email yang hanya digunakan untuk keperluan verifikasi layanan web pun bakal menerima email-email spam.
OtherInbox, sebuah layanan email mencoba mengenalkan cara baru untuk penggunaan dan penerimaan email, dan dengan kebebasan membuat alamat email secara instan dan bagaimana akan diterima sepertinya dapat dimanfaatkan mengatasi masalah seperti di atas.
Setelah kita melakukan registrasi ke OtherInbox misalnya saya mendaftar dengan memilih username maseko, maka saya akan dapat mengakses dan mengatur email-email yang masuk melalui alamat maseko.otherinbox.com. Nantinya semua email yang ditujukan ke alamat yang berakhiran @maseko.otherinbox.com akan diterima dalam inbox saya di OtherInbox. Ketika masuk ke OtherInbox, email-email akan dikelompokkan berdasarkan alamat email yang digunakan.
Contoh kasusnya adalah misalnya saya melakukan registrasi pada suatu forum diskusi yang mensyaratkan memasukkan alamat email, di situ saya dapat langsung memasukkan alamat email forumcontoh@maseko.otherinbox.com, tanpa terlebih dahulu membuat alamat email tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya semua email yang ditujukan ke alamat forumcontoh@maseko.otherinbox.com akan saya terima pada inbox dan otomatis email ini akan diberi label forumcontoh. Misalnya saja di kemudian hari pengelola atau pihak lain mengirim email spam melalui alamat email tersebut, saya pun akan dapat memblokirnya agar tidak masuk lagi inbox saya di OtherInbox.
Keterbatasan yang saat ini dapat ditemukan adalah bahwa layanan tersebut hanya optimal jika diakses melalui browser minimal Firefox 3 atau Safari 3.1 seperti yang ditunjukkan pada peringatan ketika saya mengakses dengan Firefox 2 namun masih bisa diteruskan. Untuk Google Chrome, mungkin karena user agent yang dikirimkan juga membawa identitas Safari, dapat digunakan untuk mengaksesnya, berbeda ketika Internet Explorer 7 yang digunakan yang  memberi pesan tidak dapat digunakan.
Sayangnya saat ini OtherInbox masih bersifat private beta dan untuk mencobanya diperlukan invitation code. Melalui salah satu komentar di ulasan mengenai OtherInbox di DownloadSquad, saat ini pendaftaran dapat dilakukan menggunakan kode TC50. Entah sampai berapa banyak account yang dapat digunakan dengan kode tersebut. Selagi bisa, silahkan Anda mendaftarkan diri melalui halaman pendaftaran OtherInbox.

0 comments